Dua unit mobil pelayanan di Disdukcapil disulap menjadi mobil pelayanan.  Latar belakang dirombaknya mobil dinas menjadi pelayanan adalah dikarenakan seringnya perjalanan dinas melaksanakan jemput bola yang dilaksanakan Disdukcapil tiap tahunnya. Tim jemput bola yang dibentuk mendatangi obyek yang dituju dengan membawa peralatan untuk rekam KTP el. Hal tersebut ternyata menimbulkan permasalahan baru dimana  alat yang dibawa kemana-mana rentan rusak. Seperti diketahui bersama bahwa jumlah alat yang dimiliki Disdukcapil saat ini terbatas dan usianya yang sudah lebih dari 5 tahun membuat rentan rusak.

Berawal dari situ tercetus ide untuk merubah 2 unit mobil dinas yang dimiliki menjadi mobil pelayanan. Mulai dari rekam KTP el, cetak KK, cetak KTP el dan KIA dapat dilakukan di mobil pelayanan dan menggunakan jaringan online sehingga prosesnya bisa langsung jadi. Satu unit mobil pelayanan berisi 1 unit computer dan lengkap dengan alat cetakknya. Selain itu alat diletakkan di meja yang didesain khusus untuk menempatkan perangkat komputer dan sekaligus sebagai meja pelayanan.

Harapannya dengan adanya mobil layanan ini dapat mempercepat pelayanan dimanapun dan kapanpun. Sesuai slogan Lebih Cepat, Semakin Mudah, Tetap Gratis.

Share :