6 Views

 

Sudah menjadi agenda rutin Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo pada setiap hari Jumat Kliwon mengadakan pengajian rutin. Demikian juga yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 27 September 2019 di Ruang Rapat Disdukcapil. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Purworejo, Dr. Akhmad Kasinu, M.Pd menegaskan bahwa  pengajian jumat kliwon adalah merupakan salah satu bagian dari penguatan capacity building di internal Disdukcapil untuk bisa ditindaklanjuti agar dapat menjadi pribadi yagn lebih baik.

Hadir untuk memberikan tausiayah adalah Dr. Sulis rokhmawan, M.Si.  Nabi Muhammad saw adalah pribadi yang sangat berpengaruh dan pengaruhnya tidak  hanya untuk umat muslim. Hal yang paling terkenal dari Rasululloh adalah Beliau sebagai nurul qolbi. Manusia sebagai insan ilmuwan, artinya kewajiban kita adalah mencari ilmu membawa kita kepada dunia akademis. Grand theory nya adalah Rahmah, wujudnya adalah dapat mebawa kedamaian. Kita perlu evaluasi terhadap diri kita. Jangan pernah ketergantungan kepada selain Allah.

Ada 3 titik utama dalam pengertian Rahmah. Yang pertama adalah qulub atau hati. Keutamaan dalam ilmu adalah dalam menata hati. Bisa menata hati agar tidak menyinggung orang lain. Dalam satu hari sholat 5 waktu, namun Allah berikan keringanan atau rukhsoh bagi mereka yang sedang bepergian. Jadi secara aturan sudah ditentukan, namun dalam pelaksanaanya dapat disesuaikan. Kesimpulannya, hati kita perlu kita tata agar tidak melukai hati orang lain. Kedua adalah pendenganan. Jangan pernah hanya melalukan pendenganra dalam konteks sesuatu yang kita senangi saja. Ketiga adalah penglihatan kita . pandangan kita tercover utk sesutu yang ada di sekitar kita. Orang Jawa dulu mengcover penglihatan ini dengan dikemas dalam sebuah simbol yakni blangkon.