43 Views

Disdukcapil – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo telah mengikuti live streaming program dari KemenPANRB RI terkait Pembangunan Zona Integritas. Dalam akun Instagramnya RBKUNWAS yang dikemas dalam program Dirumah aja Kita DISKO  Diskusi dan Sosialisasi Online, dengan Judul Tema Sharing Pembangunan Zona Integritas Knowledge Kementrian Keuangan RI pada hari Senin, 11 Mei 2020.

Program Live di akun Instagram @rbkunwas ini dilaksanakan kurang lebih 60 menit dengan Narasumber Dini Kusumawati, Kepala Biro Organisasi dan Ketatatalaksanaan, Sekretariat Jenderal, Kementrian Keuanagan dan Host Didid Noordiatmoko, Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB. Disampaikan dalam Diskusi tersebut mengenai 5 langkah yang ditempuh untuk sukses meraih Predikat WBK/ WBBM pada Pembangunan Zona Integritas di Kementrian Keuangan RI. Langkah 1 yaitu Reformasi Birokrasi dilaksanakan di Kemenkeu yang meliputi 8 ( delapan ) indikator dan monevnya. Langkah 2, Ekspektasi dari Top Manajemen dalam hal ini Menteri Keuangan yang menghendaki semua instansinya berpredikat WBK/ WBBM, langkah 3 yaitu Self Assessment dengan Keputusan Menteri Keuangan terkait Pembangunan ZI yang menyangkut penilaian berjenjang, langkah 4 yaitu : Pemanfaatan teknologi Informasi dalam pembangunan ZI WBK/ WBBM dan langkah 5 adalah kiat Sukses yang dipakai yaitu Komitmen pimpinan, Simplifikasi dan inovasi layanan, knowing your employee, membangun intimacy dengan stakeholders, asistensi pembangunan ZI WBK/ WBBM, Penilaian berjenjang berbasis IT, dan Monitoring Evaluasi.

Kegiatan live Disko ini bagi Disdukcapil Purworejo sendiri merupakan tambahan ilmu dan stimulant untuk bisa disarikan serta diaplikasikan jika kita akan benar – benar membangun sebuah institusi yang menuju Zona Integritas menuju WBK/ WBBM yang sesungguhnya tidak hanya sepanjang pemenuhan dari administrasi di LKEPMZI saja, atau tidak hanya pencanangan suatu program yang menang atau kalah dari sebuah proses penilaian, tapi terlebih menjadi ruh bagi seluruh pegawai dan Semangat baru. Karena pada hakekatnya kita melakukan suatu ibadah pelayanan publik menuju birokrasi yang goodgovernment . Salam Reformasi Birokrasi. ( soyem ).

Share :