220 Views

Disdukcapil – Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disukcapil Kabupaten Purworejo, Agus Subiyantoro, S Sos, MM  mengatakan tingkat pelayanan terhadap tertib administrasi kependudukan (admiduk) di masa pandemi Covid-19 meningkat. Peningkatan terjadi dikarenakan beberapa sebab, diantaranya memenuhi kebutuhan bagi anak-anak untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku sekolah dan persyaratan bagi masyarakat penerima bantuan terdampak Covid-19.

“Sejauh ini pelayanan kita bejalan seperti biasa. Bahkan tingkat pelayanan ini semakin meningkat. Karena kebutuhan masyarakat disamping untuk penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga untuk keperluan anak-anak masuk sekolah,” kata Agus, Selasa 30 Juni 2020.

Menurut Agus, Disdukcapil Purworejo telah menyiapkan beberapa metode pelayanan sebelum memasuki normal baru. “Pelayanan sebelum menuju new normal, kita gunakan dua metode pendekatan pelayanan.

Pertama semua pelayanan diutamakan dengan online yang dikirim lewat hitline service baik yang dinas maupun kecamatan Hari Senin – Kamis mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, untuk hari Jum’at 08.00 – 14.00 WIB.

Kedua pelayanan perekaman KTP el dilayani 16 kecamatan dan dinas mulai puluk 08.00 – 15.00 Wib, kita menerima pelayanan secara online,” ujarnya.

Berbagai metode pelayanan tersebut, dilakukan mengikuti anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan artinya dengan adanya Pandemi Covid-19 ini, kita mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Agus.

Sebelum masyarakat memasuki ruang pelayanan, terlebih dahulu dihimbau menggunakan masker. “Kemudian mereka diminta mencuci tangan, karena tempatnya sudah sediakan. Setelah itu, kita melakukan pengecekan suhu tubuh. Apabila suhu tubuhnya tinggi, di atas 37 derajat, maka mereka kita minta untuk menunda dan segera melakukan pemeriksaan kesehatan.

Terkait pelayanan itu, jauh-jauh hari pihaknya telah memberitahukan hal tersebut melalui berbagai media massa. “Seperti untuk penyandang disabilitas orang tua jompo itu, menjadi perhatian kita. Jauh sebelumnya sudah kami sosialisasikan melalui Media sosial dan elektronik. Bahwa kami tetap melayani masyarakat walaupun di masa pandemi. Cuma kami himbau masyarakat mengkedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Kedepan Agus berharap melalui berbagai inovasi yang mereka ciptakan dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan admiduk. “Dengan berbagai inovasi menggunkan teknologi yang ada saat ini, mudah-mudahan pelayanan kedepan bisa meningkat dan berjalan dengan baik,” tutupnya. (RAW).

Share :