Disdukcapil – Pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan oleh Tim Pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang hadir di Purworejo mulai Selasa tanggal 2 Februari 2021 hingga beberapa bulan ke depan. Menghadapi pemeriksaan tersebut, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Lilos Anggorowati segera berkoordinasi dengan Kasubag Perencanaan dan Keuangan, Bendahara Pengeluaran, Pengurus Barang, Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) dan pelaksana terkait untuk mempersiapkan dan mencukupi semua permintaan baik data maupun fisik yang diminta oleh Tim Pemeriksa BPK.

Data yang diminta diantaranya laporan-laporan Bendahara Pengeluaran, laporan-laporan Pengurus Barang, Berita Acara Stock Opname Persediaan per 31 Desember 2020, rekapitulasi perjalanan dinas, realisasi fisik dan keuangan, data belanja modal/barang/jasa dan dokumentasi fisik nomor rangka mesin kendaraan dinas. Dalam rangkaian pemeriksaan, Tim Pemeriksa BPK selain meminta data juga mengajukan pertanyaan melalui telepon atau meminta keterangan langsung kepada Bendahara Pengeluaran, Pengurus Barang dan Pejabat Pengadaan. Disdukcapil siap menyambut jika Tim Pemeriksa BPK hadir secara langsung ke Disdukcapil.

Tingkatan opini yang paling diharapkan dalam setiap audit yang diberikan oleh BPK adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dengan memperoleh opini tersebut, secara umum dapat disimpulkan bahwa pengelolaan keuangan sudah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi. Lilos menyampaikan Disdukcapil dari tahun ke tahun terus berusaha melakukan peningkatan kualitas baik peningkatan kualitas pelaksanaan anggaran, peningkatan kualitas laporan keuangan, peningkatan kualitas proses pengadaan barang dan jasa, peningkatan kualitas pengelolaan barang milik daerah (tertib administrasi, tertib fisik dan tertib hukum) serta peningkatan kualitas evaluasi. Untuk itu Lilos berharap semoga pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 khususnya di Disdukcapil dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga Kabupaten Purworejo kembali mempertahankan opini WTP.(sx)

Share :