Disdukcapil – Senin (01/3). Awal bulan Maret tahun 2021 Pelayanan Perekaman KTP el Penduduk Rentan (PANEN DUREN) untuk pertama kalinya datang ke desa Kaligono Kecamatan Kaligesing. Desa Wisata Kaligono merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Kulon Progo. Kecamatan Kaligesing ditetapkan sebagai kawasan rentan kependudukan dikarenakan medan yang sulit dan jauh untuk perekaman di kecamatan, sehingga pemerintah desa  kemudian mendata warga yang belum perekaman dan mengirim surat ke Disdukcapil Kabupaten Purworejo.

Berdasarkan surat permohonan dari desa Kaligono ada 11 (sebelas) warga yang belum perekaman. Mereka terdiri dari lansia dan disabilitas. Jalan dan medan yang sulit, petugas mendatangi satu persatu rumah warga untuk melakukan perekaman meski dengan waktu yang agak lama karena juga terkendala dengan jaringan internet. Dengan kontur Kaligesing yang 90% nya adalah pengunungan, tidak mengherankan jika kendala sinyal menjadi faktor penghambat. Namun, sekali layar terkembang, pantang untuk balik ke dermaga. Tim dibantu pemerintah desa Kaligono segera mencari solusi mengatasi hambatan. Untungnya ada salah satu warga yang memiliki wifi dan bersedia memberikan bantuan jaringan internet kepada tim sehingga perekaman dapat berjalan dengan baik. Agaknya, adat ketimuran yakni gotong royong masih kental di masyarakat Kaligono.

Atas kerjasama pihak pemerintah desa dan warga setempat petugas akhirnya dapat melaksanakan perekaman ke 11 (sebelas) warga Desa Kaligono berjalan  dengan lancar. Selanjutnya dokumen langsung dicetak dan warga setelah mendapatkan dokumen kependudukan tersebut dapat menggunakan haknya sebagai Warga Negara Indonesia dan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan.  (RAW)

Share :