201 Views

Disdukcapil – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Dr. Akhmad Kasinu, M.Pd, menyatakan,  “Mudah-mudahan Disdukcpail Kab Purworejo selalu bisa memperbaiki diri dan mempercepat pelayanan sehingga proses penerbitan dokumen yang dapat diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kalau ada permaslahan-permaslahan yang terkait dengan pengurusan dokumen bisa menghubungi saya di nomor pribadi dan akan dibantu penyelesaiana dokumen”.

Hal tersebut diutarakan saat menutup acara DMM (Dukcapil Menyapa Masyarakat) edisi perdana di tahun 2022 hari Kamis tanggal 13 Januari 2022. Kasinu berharap tidak banyak kendala dalam pemberian layanan dokumen kependudukan kepada warga masyarakat Purworejo. Dalam kesempatan DMM yang diikuti oleh 100 partisipan tersbut Kasinu menyampaikan juga bahwa di tahun 2021 lalu, Disdukcapil telah mendapatkan piagam WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi). Untuk dapat mempertahankannya, maka dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak.

Ditegaskan Kembali oleh Kasinu bahwa seluruh pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Purworejo adalah online. Selain itu Kasinu tak lupa berterima kasih kepada seluruh perangkat desa dan warga yang sudah bersusah payah mengikuti perekaman KTP elektronik walaupun hujan panas untuk hadir di tempat perekaman KTP El. Bagi yang belum melakukan perekaman untuk secepatnya melaksanakan perekaman KTP agar tidak mengalami kendala di kemudian hari.

“Pada hari Rabu(12/01/2021-red) yang lalu dikagetkan oleh suatu kasus adanya seorang warga yang sudah masuk rumah sakit sementara namun belum melakukan perekaman e-ktp. Hal tersebut merupakan sebuah keprihatinan karena di Disdukdcapil Purworejo telah menyediakan pelayanan perekaman KTP el bahkan di hari Sabtu hari Minggu buka pelayanan dari jam 8.00 – 14.00 WIB. Damun demikian ternyata masih ada warga yang masuk rumah sakit belum rekam KTP el padahal membutuhkan untuk BPJS sedangkan persyaratan di BPJS salah satunya adalah KTP el”, jelas Kasinu.  (nr)

DMM yang berjalan hampir selama 2 jam tersebut berjalan sangat menarik karena terjadi dialog interaktif antara Kepala Dinas dengan partisipan. Hal tersebut terlihat dari antusiasme partisipan yang menyampaikan pertanyaan baik secara langsung maupun melalui chat. Dari semua pertanyaan dan masukan yang disampaikan dapat dijawab dan diakomodir dengan baik oleh Kepala Dinas dan jajarannya. Dengan adanya acara DMM seperti ini bisa sebagai ajang “gendu-gendu roso” dari pemerintah desa maupun warga purworejo demi perbaikan layanan yang ada di Disdukcapil Purworejo. (nr)

Share :