Kementrian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri selalu berupaya keras mengarahkan segenap sumber dayanya  didalam membahagiakan masyarakat dengan layanan administrasi kependudukannya. Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) yang bertujuan menjaring aspirasi, harapan, keluhan dan masalah sehingga pelayanan Adminduk bisa dituntaskan. Sabtu (12/02/2022) ,Ditjen Dukcapil Kemendagri menggelar acara tersebut dengan tema “Update data KTP-el dan Kartu Keluarga , Sulitkah?”.

          Disdukcapil Kabupaten Purworejo yang selalu setia mengikuti acara yang digelar setiap Sabtu dengan harapan garis kebijakan yang dibuat kaitan layanan administrasi kependudukan selalu tegak lurus dengan Pemerintah Pusat yaitu Kementrian Dalam Negeri.

          Pada DMM kali ini mengulas segala permasalahan yang ada kaitan KK dan KTP yang menjadi tanda tanya di dalam masyarakat. Direktur Pendaftaran Penduduk, Dr.Ir. David Yama,M.sc., MA memberikan paparan yang berisi penegasan bahwa Kartu Keluarga (KK) model lama masih berlaku dan bisa digunakan untuk pengurusan layanan publik selama tidak ada perubahan elemen data, Untuk memastikan cetak KK yang sekarang menggunakan kertas A4 80 gram bahwa valid tidak keasliannya ditunjukan dengan QR Code dengan menggunakan aplikasi pembaca QR code yang tersedia di sistem android ataupun IOS atau juga lewat aplikasi Very DS.

          Kaitan dengan KTP, David Yama menambahkan  Proses pencetakan KTP-el melalui proses encoding guna memastikan data demografi dan biometrik seseorang sudah sesuai. Seringkali terjadi saat KTP-el dibaca oleh lembaga layanan publik data seseorang ternyata berbeda atau bahkan tidak terbaca. Hal tersebut bisa terjadi karena kesalahan sistem. Masyarakat tidak perlu panik dan resah dengan kondisi tersebut, karena bisa dilakukan sinkronisasi data ke pusat melalui Disdukcapil setempat. Dirjendukcapil membuka layanan call center Halo DUKCAPIL 150053. Dalam akhir paparannya Direktur Pendaftran Penduduk mendorong masyarakat untuk mengurus KTP sendiri karena sangat mudah, gratis dan dapat dilakukan di luar domisili.

          Acara yang mendapat banyak apresiasi kepesertaan dari masyarakat ini ditutup oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof.Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH.,MH. “Masyarakat dpt mengikuti kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) yg diselenggarakan selama 1 tahun ke depan, setiap Sabtu pkl 13.00-15.00 dlm upaya untuk membangun Pelayanan Adminduk yang semakin baik dan membahagiakan masyarakat” kata Zudan (rw &team)

Share :