238 Views

Disdukcapil-  Pemerintah Kebupaten Purworejo melalui Disdukcapil memberikan kado manis kepada masyarakat menjelang Hari Jadi Ke-191 Kabupaten Purworejo. Pemotongan pita dan peninjauan gerai menandai soft launching Mal Pelayanan Publik (MPP), oleh Bupati Purworejo, R.H. Agus Bastian, SE, M.M. MPP yang berlokasi di Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo, Dengan terintegrasinya semua pelayanan pada satu lokasi diharapkan dapat memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Gerai Disdukcapil Purworejo yang berada di dekat pintu masuk sebelah barat, bersama 33 gerai instansi vertikal/ Organisasi Perangkat Daerah layanan publik yang ada siap memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat. Setidaknya ada 14 jenis layanan dokumen kependudukan dapat dilakukan di MPP khususnya di Gerai  Disdukcapil, layanan tersebut terdiri dari rekam cetak KTP_el, KIA, KK, akta kelahiran, akta Kematian, kutipan kedua yang sudah TTE, pindah datang, biodata penduduk, surat keterangan, konsolidasi NIK, legalisasi, layanan dokumen kependudukan orang asing, pengangkatan anak, serta pengesahan anak.

Di Gerai ini ditampilkan pula terobosan baru pelayanan yang cepat dan mudah dengan menggunakan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Alat ini mulai di launching, bersamaan dengan acara peresmian MPP oleh Bupati Purworejo. Pada saat peninjauan di gerai Disdukcapil, Bupati Purworejo, R.H.Agus Bastian, SE., MM. berkesempatan menyaksikan salah satu pemohon mencetak KK dan KIA hanya dengan membutuhkan waktu kurang dari 2 menit dengan menempelkan QR Code yang telah dikirimkan di email pemohon, ke scanner mesin ADM, dan dokumen tersebut dapat tercetak dengan sukses. Uji coba Cetak oleh Bupati menandai Mesin ADM sudah dapat digunakan untuk masyarakat umum.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Disdukcapil Purworejo saat mendampingi Bapak Bupati, menginformasikan bahwa sejak tanggal 9 September 2021, telah di tunjuk oleh Kemendagri untuk melakukan Uji Coba Siak Terpusat, dengan demikian dapat dipastikan Pemkab Purworejo pada tahun 2022 siap menerapkan Digital ID, disisi lain pada tahun ini juga Disdukcapil telah mengoperasikan 2 Anjungan Dukcapil Mandiri yang ditempatkan di Mal Pelayanan Publik dan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo yang berlokasi di Kutoarjo. Dengan ADM diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk mencetak dokumen kependudukan dengan cepat, mudah dan tidak berbelit belit. (sr &team)

Share :