Disdukcapil–  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo menyelengarakan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) dengan mengangkat tema “Pentingnya Dokumen Kependudukan bagi Penyandang Disabilitas” pada Rabu (18/05/2022 . DMM Seri Ke-1 bulan Mei Tahun 2022 merupakan media komunikasi untuk menyampaikan kebijakan- kebijakan pemerintah terkait dengan Dokumen Kependudukan yang  diselenggarakan Disdukcapil Purworejo termasuk Kebijakan Pencanangan Gerakan Bersama Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Penyandang Disabilitas oleh Kementrian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil yang berkolaborasi dengan Kantor Staf Khusus Kepresidenan serta Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kepala Dinas beserta 2 anggota DPRD Kabupaten Purworejo, KH. Achmad Tawabi dan Muhammad Fahrudin Sidik, S.Pd menjadi narasumber pada acara tersebut. “Ini penting karena data- data di SIAK kita belum menukik tentang pengelompokan disabilitas bahkan masih banyak warga masyarakat purworejo penyandang disabilitas tetapi di SIAK kita masih data normal biasa, kondisi demikian perlu diperbaiki “ ungkap Kadinas Dr. Akhmad Kasinu.

Data pengelompokan disabilitas memang tidak tampil didalam Kartu Keluarga ataupun KTP-el namun hanya tampil di Biodata Kependudukan. Terdapat 6 elemen pengelompokan yang terdiri atas Tunadaksa (Disabilitas Fisik), Tunanetra (Disabilitas Netra/Buta), Tunarungu (Disabilitas Rungu/wicara), Tunagrahita(Disabilitas Lainnya), Tunalaras(Disabilitas Lainnya), Tunaganda (Disabilitas Fisik Mental). Akurasi data tersebut bisa menjadi dasar bagi Dinas Sosial serta Instansi terkait dalam pengambilan kebijakan kaitan Penyandang Disabilitas.

Di sela- sela acara, diadakan pemutaran video tentang Pelayanan Jemput Bola Rekam KTP Bagi Penyandang Disabilitas yang dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2022 oleh Tim PANEN DUREN (Pelayanan Rekam KTP-el Penduduk Rentan) menandai bahwa Disdukcapil Purworejo sudah melakukan tahapan Perekaman dalam Gerakan Bersama. Sedangkan acara pendataan sudah dimulai dengan adanya Rapat Koordinasi di Disdukcapil dengan seluruh SLB yang ada di Purworejo serta instansi terkait.(sr)

Share :