Disdukcapil–  Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan  tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari Pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarkat, berbangsa dan bernegara.

          Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung  pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID 19) di Indonesia “dikutip dari laman resmi https://bpip.go.id/ tentang Pedoman Penyelenggaran peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022”.

Sebagai implementasi dari Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Sekretariat Daerah mengirimkan surat Nomor: 003.1/7148/ 2022 Tanggal 30 Mei 2022 yang berisi himbauan kepada Perangkat Daerah, Badan Usaha Milik Daerah, Kampus, Sekolah Negeri dan Swasta serta masyarakat untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara Daring melalui kanal youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), laman facebook BPIP, Instagram BPIP serta Siaran TV Nasional dengan mengenakan Pakaian Adat.

          Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan pada Rabu (1/6/2022) pukul 06.30 WIB diikuti pula oleh para pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo dari rumah masing- masing sesuai himbauan. Dalam upacara virtual tersebut, Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara yang mengenakan baju adat Ende memimpin jalannya upacara yang bertempat di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur  dengan mengambil tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia.”      

“Kita harus betul-betul mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, kita wujudkan sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa” pinta Presiden Jokowi dalam amanat pidatonya. Presiden juga mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di setiap lini kehidupan. (sr/ editor rw)

Share :