Disdukcapil – Senin (6/06), Di hari yang sama Tim DUREN (Pelayanan Perekaman KTP el Penduduk Rentan) hadir juga memberikan pelayanan jemput bola di Desa Sruwohrejo Kecamatan Butuh. Sebuah desa yang terletak dibagian barat daya Kota Purworejo dan berbatasan dengan  Kabupaten Kebumen. Desa Kendalrejo merupakan desa yang cukup jauh dari ibukota kabupaten namun masih ada warga yang belum memiliki dokumen kependudukan dikarenakan Lansia dan disabilitas.

Berdasarkan surat permohonan dari Desa Kendalrejoo ada 3 (tiga)  warga yang belum perekaman KTP el dikarenakan yang bersangkutan mengalami Stroke,disabilitas dan lansia. Salah satu dari mereke ada yang mengalami kelumpuhan hingga harus berjalan dengan cara terlentang. Mereka tidak dapat melakukan perekaman KTP el di kecamatan atau Dinas, sehingga harus di jemput bola ke rumah-rumah. Petugas operator SIAK mendatangi rumah satu persatu dan membantu untuk melakukan perekaman meski dengan waktu yang agak lama karena juga terkendala gangguan jiwa untuk melakukan sidik jari dan iris mata serta tandatangan.

Atas kerjasama pihak pemerintah desa dan warga setempat petugas akhirnya dapat melaksanakan perekaman berjalan dengan lancar, kemudian dokumen langsung dicetak dan warga setelah mendapatkan dokumen kependudukan tersebut dapat menggunakan hak nya sebagai Warga Negara Indonesia dan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan.

Pada saat yang sama kepala desa Kendalrejoo, menyampaikan rasa terima kasih kepada disdukcapil Kabupaten Purworejo yang telah memberikan pelayanan jemput bola pada warga yang berkebutuhan khusus sehingga terbantu dalam menerbitkan dokumen kependudukan. (RAW)

Balai Desa Kendalrejo Kecamatan Pituruh

Image 1 of 3

Share :