65 Views

Disdukcapil – Rabu (08/06), Untuk pertama kali 2022 Tim PANEN DUREN (Pelayanan Perekaman KTP el Penduduk Rentan) hadir memberikan pelayanan jemput bola di Desa Duduwetan, Kecamatan Grabag semenjak kegiatan ini di launching pada Tahun 2016. Sebuah desa yang terletak dibagian selatan Kota Purworejo yang berada berdekatan dengan pesisir pantai selatan. Meskipun desa tersebut dekat dengan ibu kota kecamatan Grabag  namun masih ada warga yang belum memiliki dokumen kependudukan dikarenakan Lansia, Disabilitas dan Gangguan Jiwa.

Berdasarkan surat permohonan dari Desa Krendetan ada 6 (enam)  warga yang belum perekaman KTP el dikarenankan yang bersangkutan berkebutuhan khusus (lansia, disabilitas, dan gangguan jiwa). Diantara warga yang berkebutuhan khusus tersebut ada yang berusia 101 tahun adalah AK kelahitan 02 Februari 1921, mereka tidak dapat melakukan perekaman KTP el di kecamatan atau Dinas Dukcapil Kabupaten Purworejo, sehingga harus di jemput bola ke rumah-rumah.

Petugas operator SIAK mendatangi rumah satu persatu dan membantu untuk melakukan perekaman meski dengan waktu yang agak lama karena juga terkendala gangguan jiwa untuk melakukan sidik jari dan iris mata serta tandatangan.

Atas kerjasama pihak pemerintah desa dan warga setempat petugas akhirnya dapat melaksanakan perekaman berjalan dengan lancar, kemudian dokumen langsung dicetak dan warga setelah mendapatkan dokumen kependudukan tersebut dapat menggunakan hak nya sebagai Warga Negara Indonesia dan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan.(RAW)

Balai-Desa-Duduwetan-Kecamatan-Grabag

Image 7 of 7

Share :