Disdukcapil –Senin (13/06), Sejak inovasi kegiatan PANEN DUREN dimulai tahun 2016 baru pertama kali ini Tim PANEN DUREN (Pelayanan Perekaman KTP el Penduduk Rentan) hadir memberikan pelayanan jemput bola di Desa Durensari, Kecamatan Bagelen. Sebuah desa yang terletak dibagian tenggara kota Purworejo diantara deretan desa sepanjang bukit Manoreh yang berbatasan dengan Kecamatan Kokap Kulon Progo Daerah Istimewa Jogjakarta. Masih ada warga yang belum memiliki dokumen kependudukan dikarenakan Lansia, Disabilitas dan Gangguan Jiwa.

Berdasarkan surat permohonan dari Desa Durensari ada 11 (sebelas)  warga yang belum perekaman KTP el dikarenankan yang bersangkutan berkebutuhan khusus (lansia, disabilitas, dan gangguan jiwa), mereka tidak dapat melakukan perekaman KTP el di kecamatan atau Dinas Dukcapil Kabupaten Purworejo jarak yang cukup jauh ke ibu kota Kecamatan dan Dinas Dukcapil, sehingga harus di jemput bola ke rumah-rumah. Petugas operator SIAK mendatangi rumah satu persatu dan membantu untuk melakukan perekaman meski dengan waktu yang agak lama karena juga terkendala gangguan jiwa untuk melakukan sidik jari dan iris mata serta tandatangan.

Atas kerjasama pihak pemerintah desa dan warga setempat petugas akhirnya dapat melaksanakan perekaman berjalan dengan lancar, kemudian dokumen langsung dicetak dan warga setelah mendapatkan dokumen kependudukan tersebut dapat menggunakan hak nya sebagai Warga Negara Indonesia dan administrasi yang berkaitan dengan kependudukan.(RAW)

Share :