Disdukcapil-  Peran serta masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik diwujudkan dalam bentuk kerjasama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat serta peran aktif dalam penyusunan kebijakan pelayanan publik, yang dimulai sejak penyusunan kebijakan sampai dengan evaluasi kebijakan. Dalam rangka pelaksanaan partisipasi masyarakat tersebut, perlu adanya koordinasi antara pemerintah (penyelenggara pelayanan) dengan masyarakat sebagai pengguna layanan yang diwadahi dalam bentuk Forum Konsultasi Publik (FKP).

Sebagai bagian dari media untuk memfasilitasi evaluasi kebijakan ataupun pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat, pada Rabu (23/06/2022), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan acara Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dikemas dalam Disdukcapil Mendengar secara virtual melalui media zoom meeting.

Sekretaris DISDUKCAPIL mewakili Kepala Dinas saat membuka acara mengatakan siap untuk menerima masukan dari masyarakat khususnya terkait pelayanan DISDUKCAPIL dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan. Suryadi., ST, MM, menyampaikan pula skala prioritas layanan DISDUKCAPIL Tahun 2022 yaitu tidak adanya pungli, calo dan gratifikasi dengan memaksimalkan pelayanan online.

“Sebentar lagi kita akan memulai tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, masih ada hal yang harus diselesaikan, di Kabupaten Purworejo ternyata masih terdapat 13.689 wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Kami mohon kepada Pak Camat, Pak Kepala Desa dan  Pak Lurah se- Kabupaten Purworejo untuk mensuport supaya mereka segera melakukan perekaman sehingga data kependudukan di Purworejo menjadi valid, ungkap Sekda Kabupaten Purworejo, Drs. Said Romadhon saat menyampaikan pesan yang dikemas virtual melalui rekaman video yang ditayangkan pada acara FKP.

Selain Sekda Kabupaten Purworejo menyampaikan pesan secara virtual, hadir langsung narasumber dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Hj. Tursiyati, SE, Bintoro dan Muhammad Fahrudin Sidiq S.Pd. Ketiga anggota Komisi I DPRD tersebut pada intinya sepakat mendukung program dan inovasi DISDUKCAPIL Kabupaten Purworejo serta meminta peran aktif dan sinergitas antara desa dengan OPD  agar inovasi-inovasi dapat terlaksana dengan maksimal. (sr/ editor rw)

Share :