Disdukcapil– Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo hadir secara virtual dalam Forum Konsultasi Publik (FKP) yang dikemas dalam acara Disdukcapil Mendengar pada Rabu, 22 Juni 2022. Salah satu poin yang disampaikan adalah terkait peran DISDUKCAPIL Kabupaten Purworejo dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Sebentar lagi kita akan memulai tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, masih ada hal yang harus diselesaikan, di Kabupaten Purworejo ternyata masih terdapat 13.689 wajib KTP yang belum melakukan perekaman. Kami mohon kepada Pak Camat, Pak Kepala Desa dan  Pak Lurah se- Kabupaten Purworejo untuk mensuport supaya mereka segera melakukan perekaman sehingga data kependudukan di Purworejo menjadi valid, ungkap Sekda Purworejo, Drs. Said Romadhon”.

Sebagai bagian dari upaya dan tindak lanjut dari pesan pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo tersebut, DISDUKCAPIL Kabupaten Purworejo sejak Tahun 2021 sudah mulai bergerak dengan program rekam KTP 14 Tahun. Program ini dilaksanakan berdasarkan data kependudukan dimana pada Pelaksanaan Pemilu 2024 penduduk sudah berusia 17 Tahun. Program jemput bola rekam KTP bagi wajib KTP pemilih pemula  dilakukan melalui jemput bola perekaman KTP di SMK/SMA baik swasta maupun negeri dan jemput bola di  seluruh desa se-Kabupaten Purworejo.

Selama 4 (empat) hari terhitung sejak tanggal 20 Juni sampai dengan 23 Juni 2022, DISDUKCAPIL Kabupaten Purworejo menurunkan 3 (tiga) tim untuk melakukan penyisiran ke desa-desa di Kecamatan Bagelen. Penyisiran dilaksanakan dengan mendasar pada database kependudukan yang masih menyisakan daftar penduduk belum rekam KTP sebagai bagian lanjutan program Rekam KTP 14 Tahun.

Bapangsari sebagai salah satu Desa yang terjadwal pada Selasa (21/06/2022) memberikan apresiasi program jemput bola rekam KTP 14 tahun. “Terkait adanya rekam e-ktp jemput bola dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo kami sangat merespon baik dari pendataan sejak usia 15 tahun dalam rangka persiapan pendataan penduduk menghadapi Pemilu Tahun 2024, ini adalah langkah strategis mempersiapkan daftar calon pemilih sehingga tercapai target secara maksimal” ungkap Taryono, SE, Kepala Desa Bapangsari. Selain di Desa Bapangsari, pada hari tersebut juga dilakukan Jemput Bola Perekaman KTP di Desa Hargorojo dan Desa Dadirejo (sr/ editor rw)

Share :