5 Views

Disdukcapil– Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri secara rutin mengadakan peningkatan wawasan bagi Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia secara virtual yang dikemas dalam Dukcapil Belajar. Pada Jumat (15/7/2022), Dukcapil Belajar mengangkat tema “Implementasi Identitas Kependudukan Digital di Daerah”.

Direktur PIAK Ditjen Dukcapil Kemendagri, Erikson P.Manihuruk, S.Kom, M.Si yang menjadi narasumber memaparkan progres implementasi Digital ID. Saat ini Identitas Kependudukan Digital tengah di ujicobakan pada pegawai di lingkungan Disdukcapil seluruh Kabupaten/Kota. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kekurangan dan kelebihan Digital ID yang tengah dikembangkan.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo merupakan salah satu yang melakukan ujicoba tersebut, sampai dengan 18 Juli 2022 sudah tercatat sebanyak 52 pegawai sudah terpasang Digital ID di Handphone mereka dan ditargetkan akan terpasang untuk semua pegawai pada pekan ini. (sr)