47 Views

Disdukcapil-  Suatu kebijakan akan memperoleh hasil yang maksimal apabila diawali dengan sosialisasi (memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai isi atau subtansi kebijakan yang telah dibuat), Implementasi (suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci) serta diakhiri dengan Evaluasi (suatu proses identifikasi untuk mengukur/ menilai apakah suatu kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai).

Hal tersebut mendasari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo dalam mengundang desa- desa yang ada di Kecamatan Ngombol, Kaligesing dan Bagelen yang capaian implementasi Program Gerakan Cetak Serentak Akta Kelahiran (GERTAK) masih rendah pada tanggal 9 Agustus 2022 dan 10 Agustus 2022 secara terjadwal.

Bertempat di Ruang Kepala Dinas, Disdukcapil Kabupaten Purworejo mendengarkan penyampaian dari masing- masing desa terhadap masalah yang dihadapi kaitan kebijakan tersebut. Kadinas Dukcapil yang memimpin acara tersebut didampingi para Kepala Bidang memberikan tanggapan tentang pemecahan masalah terhadap apa yang disampaikan.

Selain GERTAK, evaluasi juga dilaksanakan pada penerapan Buku Pokok Pemakaman serta sosialisasi Identitas Kependudukan Digital. Buku Pokok Pemakaman yang merupakan langkah awal dalam pemutakhiran Data Kependudukan melaui pelaporan kematian menjadi suatu hal penting untuk dilaksanakan. Sedangkan Digital ID merupakan Inovasi Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri yang saat ini masih pada tahap diujicobakan bagi pegawai Disdukcapil serta ASN di lingkungan Kabupaten Purworejo melalui pendampingan install, registrasi dan aktivasi dengan metode jemput bola di seluruh Perangkat Daerah.

Rencananya kegiatan ini akan dilanjutkan untuk Desa- desa di 13 Kecamatan lain. Tersampaikannya kebijakan/ program baru dari pemerintah pusat kaitan Administrasi Kependudukan kepada masyarakat melalui desa yang diundang serta telaksananya program atau kegiatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan menjadi harapan bagi Disdukcapil Purworejo.(sr)

Share :