53 Views

Disdukcapil-  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku Lembaga Kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Audit Kearsipan Internal di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo pada Rabu (17/5/2023).

Bertempat di Aula Disdukcapil, Kepala Dinas dan jajaran pejabat struktural beserta Tim Pengelola Arsip menyambut baik kehadiran Tim Pengawas Kearsipan yang dipimpin oleh Musriyatun, S.IP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo, Dr.Akhmad Kasinu,M.Pd dalam sambutannya berharap agar Tim Assesor dapat membimbing Pengelola Arsip  di Sekretariat, Bidang Pencatatan Sipil, Bidang Pendaftaran Penduduk serta Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data sehingga terwujudnya tertib Arsip.

Pelaksanaan kegiatan di Disdukcapil Purworejo tahun 2023 ini mengambil sampel instrumen pengawasan pada Unit Pengolah yang diwakili oleh Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dan Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) dan Pemanfaatan Data.

Instrumen Pengawasan yang diperiksa diantaranya Pengelolaan Arsip Dinamis yang meliputi penciptaan, pengelolaan arsip inaktif, pemeliharaan arsip inaktif, layanan dan arsip dinamis, pemusnahan serta penyerahan.

Selain itu Sumber Daya Manusia Kearsipan serta Sarana dan Prasarana Kearsipan juga menjadi obyek pengawasan. SK Tim Pengelola Arsip menjadi contoh yang harus ditunjukan dan Filing Kabinet, Box Arsip, Sekat, Map Gantung termasuk dalam sarpras kearsipan yang mempengaruhi penilaian.

“Terima kasih atas kerja sama dan tim yang solid sehingga audit kearsipan tahun 2023 ini dapat berjalan lancar, harapan kami dengan pengelolaan arsip yang baku mampu kita jadikan bukti akuntabilitas kinerja kita yang utuh, lengkap dan terpercaya serta mampu meningkatkan pelayanan publik sehingga indeks kepuasan masyarakat meningkat”, ungkap Musriyatun, S.IP saat dikonfirmasi di akhir kegiatan.

“Tim audit kearsipan mendapatkan amunisi dan energi positif dari dindukcapil, hal ini sebagai tambahan bagi kami untuk bergerak lebih semangat lagi dalam rangka melaksanakan tugas kami salah satunya adalah pembinaan kearsipan pada pencipta arsip, imbuh Musriyatun.

“Semoga Aura Positif dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo juga diikuti oleh Perangkat Daerah lain di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo, pungkasnya mengakhiri tanggapan. (sr)

Share :