- Dilindungi Undang- Undang, Kadinas Himbau Berhati- hati terhadap Permohonan Data Kependudukan
- Antusias Ikuti Layanan dari Disdukcapil Purworejo, Beberapa Siswa SMAN 3 Purworejo Jalani Tahapan Rekam KTP-el Mengenakan Jarik dan Kemben
- Tanpa Diskriminasi, Disdukcapil Purworejo Layani Warga Berkebutuhan Khusus dengan Penuh Kesabaran
- Lengkap dan Terpenuhi Kepatuhan Pembayaran Pajak, Disdukcapil Sukses dalam Pengapelan Kendaraan Dinas
- Disdukcapil Purworejo Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Sesi Foto Bersama Berlangsung Usai Berakhirnya Kegiatan
- Apel Pagi Digelar Disdukcapil Purworejo, Plt. Sekdin Singgung Kedisiplinan Pegawai
- Disdukcapil Purworejo Ikuti Bimtek Sistem Manajemen Keamanan Informasi Secara Virtual
- Serahkan Akta Kelahiran Terhadap 160 Warga Berusia 60 Tahun Lebih Hasil Inovasi GERTAK Disdukcapil Purworejo, Pemdes Dewi Sampaikan Apresiasi
- Kartu Tanda Penduduk Merupakan Hak Setiap Warga Termasuk ODGJ, Disdukcapil Purworejo Layani Rekam KTP-el di Desa Jatirejo
- Persiapan Peluncuran Kios Adminduk, Disdukcapil Purworejo Gelar Forum Diskusi yang Diikuti Seluruh Desa di Kecamatan Butuh
VERVAL BY V CALL
VERVAL BY V CALL (Verifikasi dan Validasi IKD pemohon lewat Video Call)
VERVAL BY V CALL adalah salah satu layanan inovatif yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo untuk mempermudah proses scan QR code serta verifikasi dan validasi data kependudukan pemohon yang ingin mendaftar Digital ID (Identitas Kependudukan Digital).
Layanan ini memanfaatkan aplikasi video call WhatsApp untuk melakukan komunikasi langsung antara petugas Disdukcapil dengan pemohon. Dengan demikian, pemohon tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil untuk melakukan Scan QR Code.
Untuk menggunakan layanan ini, pemohon harus menhubungi nomor 087802326900 dengan hp/smartphone yang berbeda dari yang di install aplikasi Identitas Kependudukan Digital. Pada saat video call, pemohon harus sudah mengisi data terlebih dahulu pada aplikasi Identitas Kependudukan Digital dengan mengisi NIK, alamat email dan nomor hp serta melakukan swafoto (selfi) dan memperlihatkan swafoto kepada petugas melalui video call. Petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data serta akan menampilkan QR code untuk discan oleh pemohon. Apabila scan berhasil dan data valid, pemohon akan mendapatkan email PIN aktivasi untuk selanjutnya melakukan aktivasi dan apabila jika sudah aktif, pemohon bisa masuk aplikasi Identitas Kependudukan Digital menggunakan PIN yang telah diberikan/dikirim di email.
Layanan VERVAL BY V CALL ini merupakan salah satu bentuk inovasi Disdukcapil Purworejo dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Layanan ini juga mendukung program pemerintah dalam mewujudkan smart city dan smart government.
Latar belakang
Latar belakang inovasi VERVAL BY V CALL di Disdukcapil Purworejo adalah untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pelayanan publik di bidang kependudukan. Inovasi ini juga bertujuan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang sering dihadapi seperti masyarakat sering mengalami kesulitan dalam mengurus dokumen kependudukan karena jarak dan lokasi yang jauh antara Kantor Disdukcapil dengan tempat tinggal mereka, sehingga membutuhkan biaya transportasi dan waktu. Serta masyarakat juga sering menghadapi antrian panjang di Kantor Disdukcapil.
Dengan adanya inovasi VERVAL BY V CALL, diharapkan pelayanan publik di Disdukcapil Purworejo dapat menjadi lebih cepat, mudah, dan tetap gratis,
Tujuan
Tujuan inovasi VERVAL BY V CALL di Disdukcapil Purworejo adalah untuk:
- Meningkatkan kualitas dan efisiensi pelayanan publik di Disdukcapil.
- Mengatasi permasalahan jarak, antrian.
- Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan smart city dan smart government.