Disdukcapil Purworejo Tegaskan Komitmen Layanan Inklusif Melalui Program PANEN DUREN di Hari Disabilitas Internasional

By Admin Disdukcapil 03 Des 2025, 14:07:59 WIB Berita
Disdukcapil Purworejo Tegaskan Komitmen Layanan Inklusif Melalui Program PANEN DUREN di Hari Disabilitas Internasional

Keterangan Gambar : Koordinator Panen Duren saat dikonfirmasi di Ruang Kerjanya terkait komitmen pada Hari Disabilitas Internasional


Disdukcapil- Peringatan Hari Internasional Penyandang Disabilitas yang jatuh setiap 3 Desember menjadi momentum bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo untuk kembali menegaskan komitmen pelayanan inklusif bagi seluruh warga.

Hari yang diperingati secara global ini bertujuan mempromosikan hak, kesejahteraan, serta meningkatkan kesadaran mengenai kondisi penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan. Semangat tersebut diwujudkan Disdukcapil Purworejo melalui berbagai inovasi layanan, salah satunya Pelayanan Rekam KTP Bagi Penduduk Rentan (PANEN DUREN).

Program PANEN DUREN yang telah berjalan sejak 2016 dirancang untuk mendekatkan layanan administrasi kependudukan bagi kelompok yang memiliki keterbatasan mobilitas, seperti penyandang disabilitas, warga lanjut usia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta kelompok rentan lainnya.

Melalui mekanisme pengajuan surat permohonan dari pemerintah desa yang kemudian dijadwalkan sesuai antrean, program ini telah melayani 32 warga penyandang disabilitas di Kabupaten Purworejo selama tahun 2025.

Analis Kebijakan Ahli Muda Disdukcapil Purworejo sekaligus Koordinator PANEN DUREN, R. Anang Widodo, SE, saat dikonfirmasi pada Rabu (3/12/2025) di ruang kerjanya, menegaskan bahwa Disdukcapil berkomitmen memberikan akses layanan yang setara bagi semua warga tanpa terkecuali.

“Kami selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk penyandang disabilitas seperti saat di Desa Tlogoguwo akhir November kemarin. Meskipun diguyur hujan dan harus berjalan kaki sekitar 200 meter, perekaman biometrik sebagai syarat pencetakan KTP berjalan lancar,” ungkapnya.

Selain program pelayanan jemput bola, Disdukcapil Purworejo juga terus meningkatkan sarana dan prasarana ramah disabilitas di kantor pelayanan. Fasilitas yang telah tersedia meliputi area parkir khusus, jalur akses disabilitas, pegangan pendukung, kursi roda, hingga toilet khusus.

Melalui berbagai langkah dan inovasi tersebut, Disdukcapil Purworejo berharap seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan, dapat memperoleh dokumen kependudukan secara mudah dan layak. Dokumen tersebut menjadi hak setiap warga dan menjadi dasar penting dalam mengakses berbagai layanan publik lainnya.(sr)




Berita Purworejo

Instagram


Counter Pengunjung