- Masa Libur Sekolah, Layanan Rekam dan Cetak KTP-el di Disdukcapil Purworejo Meningkat
- Telah Terbit Sebanyak 512 Akta Kematian dari PAK SUBUR Selama Tahun 2025, Disdukcapil Purworejo Tegaskan Inovasi Ini Bukan Hanya Pencitraan Semata
- Jemput Bola digelar Disdukcapil Purworejo di PPSA Dharma Putera, Empat Belas Penerima Manfaat Berhasil di Rekam Biometriknya
- Disdukcapil Purworejo Peringati Hari Ibu, Seluruh Petugas Upacara Merupakan Pegawai Perempuan
- Capaian Kinerja Disdukcapil Purworejo Tahun 2025 Dipaparkan dalam Forum Konsultasi Publik
- Jabatan Sekretaris Dinas Disdukcapil Purworejo Resmi Terisi
- Resmi Berakhir, Program Jemput Bola Perekaman KTP-el Disdukcapil Purworejo Tahun 2025 Jangkau 3.971 Siswa
- Audit Internal Sindolalak, Disdukcapil Purworejo Perkuat Implementasi SPBE
- Disdukcapil Purworejo Wujudkan CRPD Lewat Pelayanan Jemput Bola KTP-el di SLB Negeri Purworejo
- Disdukcapil Purworejo Ikuti Pelatihan CRPD untuk Perkuat Perspektif HAM Disabilitas
Disdukcapil Purworejo Tegaskan Komitmen Layanan Inklusif Melalui Program PANEN DUREN di Hari Disabilitas Internasional
.jpg)
Keterangan Gambar : Koordinator Panen Duren saat dikonfirmasi di Ruang Kerjanya terkait komitmen pada Hari Disabilitas Internasional
Disdukcapil- Peringatan
Hari Internasional Penyandang Disabilitas yang jatuh setiap 3 Desember menjadi
momentum bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo untuk
kembali menegaskan komitmen pelayanan inklusif bagi seluruh warga.
Hari
yang diperingati secara global ini bertujuan mempromosikan hak, kesejahteraan,
serta meningkatkan kesadaran mengenai kondisi penyandang disabilitas dalam berbagai
aspek kehidupan. Semangat tersebut diwujudkan Disdukcapil Purworejo melalui
berbagai inovasi layanan, salah satunya Pelayanan Rekam KTP Bagi Penduduk
Rentan (PANEN DUREN).
Program
PANEN DUREN yang telah berjalan sejak 2016 dirancang untuk mendekatkan layanan
administrasi kependudukan bagi kelompok yang memiliki keterbatasan mobilitas,
seperti penyandang disabilitas, warga lanjut usia, Orang Dengan Gangguan Jiwa
(ODGJ), serta kelompok rentan lainnya.
Melalui
mekanisme pengajuan surat permohonan dari pemerintah desa yang kemudian
dijadwalkan sesuai antrean, program ini telah melayani 32 warga penyandang
disabilitas di Kabupaten Purworejo selama tahun 2025.
Analis
Kebijakan Ahli Muda Disdukcapil Purworejo sekaligus Koordinator PANEN DUREN, R.
Anang Widodo, SE, saat dikonfirmasi pada Rabu (3/12/2025) di ruang kerjanya,
menegaskan bahwa Disdukcapil berkomitmen memberikan akses layanan yang setara
bagi semua warga tanpa terkecuali.
“Kami
selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, termasuk penyandang
disabilitas seperti saat di Desa Tlogoguwo akhir November kemarin. Meskipun
diguyur hujan dan harus berjalan kaki sekitar 200 meter, perekaman biometrik
sebagai syarat pencetakan KTP berjalan lancar,” ungkapnya.
Selain
program pelayanan jemput bola, Disdukcapil Purworejo juga terus meningkatkan
sarana dan prasarana ramah disabilitas di kantor pelayanan. Fasilitas yang
telah tersedia meliputi area parkir khusus, jalur akses disabilitas, pegangan
pendukung, kursi roda, hingga toilet khusus.
Melalui
berbagai langkah dan inovasi tersebut, Disdukcapil Purworejo berharap seluruh
masyarakat, termasuk kelompok rentan, dapat memperoleh dokumen kependudukan
secara mudah dan layak. Dokumen tersebut menjadi hak setiap warga dan menjadi
dasar penting dalam mengakses berbagai layanan publik lainnya.(sr)

.jpg)
.jpg)
_(1).jpg)